Langsung ke konten utama

4 OS Smartphone Selain Android

Sistem operasi adalah software utama yang melakukan mengatur hardware secara langsung serta mengontrol software-software lain sehingga dapat bekerja dengan baik.

Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular yang sangat cepat dan pesat menyebabkan perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone (ponsel yang ber-OS) untuk memudahkan tugas sehari-hari. Sistem operasi tersebut diantaranya adalah

1. Symbian

Sistem Operasi ini didirikan pada tahun 1998. Dulu hanya digunakan oleh Nokia, tetapi sekarang sudah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone. 

Sistem operasi symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan mobile.  Banyak aplikasi yang dapat di gunakan pada system operasi ini. Aplikasi yang di buat dapat menggunakan bahasa progamming C++, java atau VC++. Symbian juga memberikan kemampuan  mentransfer data atau file dengan menggunakan Bluetooth, Inframerah dan yang terbaru adalah wifi. Symbian dapat menginstall aplikasi dan game berformat "sis" atau "sisx".

Symbian dipandang lebih unggul karena:
1.Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel sehingga semua fiturnya dapat memenuhi pengguna mobile.

2. Sistem operasi symbian ini sangat terbuka. Semua orang dapat mengembangkannya. Terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.

2. IPhone
Meski baru hadir di Indonesia, sistem operasi iPhone ini tercatat sebagai OS dengan angka penjualan yang tinggi di dunia. Mungkin karena pengembangnya adalah perusahaan mobile yang telah lama berkecimpung dalam dunia gadget, Apple. Sayangnya meski terbuka untuk developer pihak ketiga sistem operasi iPhone, aplikasi dan game tambahan iPhone hanya bisa didownload via app store dan diinstal langsung di ponsel atau tersinkronisasi dengan iTunes komputer. Sehingga menyulitkan pihak developer. Karena alasan tersebut, pemerintah Rusia melarang penjualan iphone dan produk apple lainnya.

3. Java
Sistem Operasi Java biasanya terdapat pada handphone tipe lama seperti nokia express music dan beberapa ponsep jadul lainnya, namun tipe baru sekalipun sekarang juga telah mendukung fitur ini. Kelebihan ponsel java adalah harga yang jauh lebih terjangkau daripada handphone yang memiliki os  lainnya, serta keamanan yang tinggi karena OS JAVA tidak akan pernah terserang virus sehingga kamu tidak perlu khawatir dan menginstall aplikasi anti virus. Sedangkan kekurangan ponsel dengan sistem operasi tertutup dan hanya dapat menginstall aplikasi dan games dalam format Jar.

4. Blackberry
Perusahaan telekomunikasi asal Kanada, RIM atau Reserch in Motion merupakan pengembang  Blackberry yang terkenal dengan layanan blackberry messengernya, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI.

Layanan Blackberry paling terkenal adalah Blackberry Messenger. Dan karena keterkenalannya itu maka pihak RIM pun mulai mencoba merambah dunia android dengan mengembangkan aplikasi BBM atau Blackberry Messenger for Android. Hasilnya, ribuan pengguna telah mengunduh aplikasi mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Di Balik Seragam Siswi Jepang Yang Pendek

tittle : Rahasia Di Balik Seragam Siswi Jepang Yang Pendek Dalam dunia pendidikan pakaian harus disesuaikan lebih mendidik dan memenuhi norma kesopanan, namun hal unik terjadi di Jepang malah mengenakan Rok pendek bagi para pelajar perempuan. Dengan wajah imut ditambah rok pendek diatas lutut, tentu saja hal ini membuat para lelaki mimisan :) .    Namun ternyata ada alasan dan sejarah mengapa rok siswi di jepang berupa rok pendek. Sekolah di jepang menerapkan aturan mengenakan baju seragam diterapkan bagi semua sekolah negeri maupun swasta. Hal unik bagi wanita jepang, karena hampir seluruh wanita jepang mengenakan seragam sekolah dengan rok siswi rata-rata 16,7 cm di atas lutut. Sejarah Rok Pendek di Jepang Zaman dahulu kala, siswi jepang zaman dahulu mengenakan kimono dalam kehidupan. Tahukan apa itu kimono ? Kimono adalah seragam jepang yang sangat menyulitkan dalam belajar dan bergerak terutama pada saat beraktifitas seperti olahraga. Seorang kepala sekolah dari Fukuoka jo Gaki

BLOG BUILDER ALTERNATIF MYWAPBLOG

Hai sahabat blogger. Pada tanggal 25 November 2016 Mywapblog akan menutup layanannya. Ini di umumkan kepada seluruh membernya. Untuk itu Pihak mywapblog memberikan file backup blog member yang bisa langsung di import ke blogspot atau wordpress. Tapi saya sendiri lebih memilih mengambil backup artikelnya aja. Oke bagi kalian member MWB yang pada linglung ke sana kemari mencari ALAMAT  ehh... maksudnya Alternatif blog builder yang dapat di akses lewat handphone :) . Simak nih BLOG BUILDER INDONESIA ALTERNATIF MYWAPBLOG di bawah ini. 1. WAPBLOG.ID Ini nih blog builder mobile yang saya lihat memiliki fitur lebih di bandingkan blog builder serupa. Blog builder ini merupakan gabungan dari blog builder INDOWAPBLOG & IDNBLOGGER. Menurut saya WP.ID (begitulah sebutannya) selalu menjadi saingan bagi mywapblog. Hal ini bisa dilihat dari perseteruan  member WP.ID dan MWB di berbagai media sosial seperti facebook. 2. Nextwapblog.com Blog builder ini baru di rilis sekitar bulan oktober ini

Anime Terbaik Dari Berbagai Genre

Title : Anime Terbaik Dari Berbagai Genre Beberapa hari terakhir saya sering menonton serial anime. Entah itu genre comedy, romance, action, maupun echi (genre dimana tokoh pria disukai banyak wanita). Dibawah ini adalah beberapa anime terbaik yang dapat kami rangkum dari berbagai genre. 1. NARUTO Siapa sih yang gak tau anime yang satu ini. Anime yang mengisahkan perjuangan seorang bocah ninja yang ingin menjadi Hokage (pemimpin sebuah desa). Anime yang satu ini memiliki sekitar lima ratus episode lebih. Wah banyak yah. Saya sendiri gak sempat menonton habis episode ini karena gak punya waktu. Tapi saya sudah menonton episode terakhir naruto ini. Akhirnya Naruto berhasil menjadi Hokage dan menikahi Hinata. Memiliki dua anak bernama Boruto & Himawari. Berhubung Naruto sudah tamat, maka sebagai gantinya penulis membuat anime baru berjudul Boruto. Satu hal yang bisa saya petik dari anime Naruto ini. Yaitu "Aku Ingin seperti Naruto. Walau tak mendapatkan Sakura, tapi mendapat